Jumat, 08 April 2016

Jepang Kembangkan Kereta Siluman


GULA77 - Bangsa Jepang seakan tidak pernah kehabisan ide inovasi teknologi. Belum lama ini, seorang  insinyur Negeri Matahari Terbit melansir kereta terbaru yang ini, saking cepatnya sulit dilihat dengan mata telanjang. Kereta cepat yang digagas Kazuyo Sejima itu menerapkan teknologi yang biasa dipakai pesawat siluman. Selain bisa dipacu lebih cepat dari kereta peluru atau populer dijuluki Shinkansen, kereta siluman ini memakai panel gerbong dari bahan semi-reflektif terhadap cahaya.

Ketika bergerak dalam kecepatan penuh, kereta ini akan memunculkan ilusi optik seakan-akan menghilang. Kecepatan maksimal keret siluman karya Sejima mendekati 350 km/jam. Proyek yang dikerjakan Sejima ini atas permintaan perusahaan Seibu Group. Diharapkan kereta siluman tersebut bisa diluncurkan sebagai armada baru pengelola Komuter Red Arrow untuk merayakaan seabad berdirinya perusahaan.

Seibu ingin Sejima merancang penampilan luar yang unik, sambil mempertahankan kenyamanan ala Shinkansen di bagian interiornya. Insinyur perempuan itu diperintahkan perusahaan membuat tempat duduk penumpang bagaikan ruang tamu yang hangat. "Kereta ini akan menjadi yang pertama hasil desain Seijima, desain yang bertujuan menonjolkan kelembutan yang berpadu dengan pemandangan," kata juru bicara Seibu Goup.

Secara konkret, kereta rancangan Sejima bisa masuk tahap produksi massal tahun depan. Artinya, pada 2018 kereta siluman ini bisa mulai melewati rel-rel seantero Jepang. Seibu Group adalah pengelola rute rel kereta di Jepang sepanjang 180 km di sekitar Ibu Kota Tokyo hingga Prefektur Saitama. Saat diluncurkan nanti, warna gerbong kereta ini tidak akan putih polos seperti versi purwarupa, melainkan warna kuning cerah.(The Daily Mail)

Dwyane Wade di Miami Heat
Rp100 Juta Lenyap
Pangeran Ingin Leicester

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar