Kamis, 24 Maret 2016

Presiden Zimbabwe berpesta ditengah kelaparan rakyatnya


GULA77 - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, menggelar pesta ulang tahun ke-92 bersama keluarga serta anggota partainya pekan lalu. Pesta ulang tahun tersebut menghabiskan anggaran sebesar $ 800 ribu (Rp.10,7 miliar) Dalam pesta itu , Mugabe menyatakan siap memimpim Zimbabwe sepanjang dia mampu. Pesta Mugabe ini juga mengundang kritik kelompok oposisi serta warga miskin Zimbabwe.

 Lokasi pesta ultah ini berada di Distrik Masvingo, yakni lokasi yang paling parah terlanda kekeringan sepanjang tahun 2015, diperkirakan sekitar 75 persen sawah gagal panen. Masvingo merupakan kawasan dengan jumlah penderita busung lapar terbanyak di Zimbabwe. Mugabe tidak menyinggung soal kelaparan di Masvingo saat berpidato. Sebaliknya, Mugabe mengkritik isu LGBT dan bantuan asing dalam sambutannya.


"Jika donor asing membantu negara kita dengan syarat melegalkan pernikahan sejenis, maka sebaiknya kita tolak bantuan itu," kata Mugabe disambut tepuk tangan para hadirin. Zimbabwe sampai sekarang belum pulih benar dari persoalan hiperinflasi pada tahun 2008.

Saat krisis terparah melanda, mata uang Zimbabwe itu tak berharga lagi. Dilaporkan 35 ribu triliun Dolar Zimbabwe cuma hanya bisa dipakai untuk membeli sepotong roti. Sekarang mata uang di negara itu adalah Dollar Amerika. "Anggaran gila-gilaan dari pesta Mugabe kemarin bisa dipakai untuk mengimpor gandum, sehingga rakyat di Masvingo tidak perlu mengalami kelaparan,"kata Obert Gutu, juru bicara Gerakan Oposisi Perubahan Demokratik (MDC).

 Kelompok MDC sejak lima tahun terakhir dikebiri hak politiknya oleh Mugabe, supaya tidak bisa menang pemilu. Mugabe sudah berkuasa di Zimbabwe selama 36 tahun. Selama berkuasa, Mugabe dituduh telah melakukan kecurangan pemilu, pengusiran warga dan melanggar HAM serta bertanggungjawab atas penurunan ekonomi di negaranya. (Guardian)

Judi Bola Online
Jennifer Lopez
Josep Guardiola


Tidak ada komentar:

Posting Komentar