Minggu, 27 Maret 2016

24 Ribu PNS di Nigeria ternyata 'Hantu'


GULA77 - Pemerintah Nigeria menghentikan pembayaran gaji untuk hampir 24 ribu pegawai yang ternyata 'pekerja hantu', tercatat sebagai pegawai namun tak pernah terlihat dikantor, menyusul hasil audit yang menguak bahwa mereka sebenarnya tak nyata. Langkah yang diambil Kementerian Keuangan Nigeria tersebut menghemat dana sekitar US$ 11,5 juta (Rp 154 miliar) per bulan.

Audit tersebut adalah bagian dari kampanye antikorupsi yang dilakukan Presiden Muhammadu Buhari. Nigeria adalah negara dengan perekonomian terbesar di Afrika, sekaligus penghasil minyak utama. Namun, keuangan negara tersebut menghadapi banyak tekanan di tengah anjloknya harga minyak. Nigeria juga mengalami inflasi yang terus naik, pasar saham melemah dan pelambatan pertumbuhan ekonomi selama lebih dari satu dekade.

Audit karyawan dilakukan pada Desember lalu, menggunakan data biometrik dan verifikasi nomor rekening perbankan untuk mengidentifikasi pemiliknya. Data tersebut kemudian dicocokan dengan daftar penerima gaji. Audit tersebut berhasil menguak bahwa nama karyawan penerima gaji tak sama dengan identitas dalam rekening bank. Karena mencurigakan, sebanyak 23.846 pegawai dihentikan pembayaran gajinya. demikian diungkap penasihat kementerian keuangan.

Sejumlah bank juga diawasi pemerintah federal karena diduga punya andil dalam skema penipuan tersebut . Penyelidik menemukan lebih dari 300 rekening dari beberapa PNS dibuka pada hari yang sama dan semuanya tidak aktif. Para Pejabat mengatakan, penghematan dari kegiatan antikorupsi akan membantu Nigeria menangani krisis dan mencegah korupsi.(reuters)

China kuasai Sepakbola Dunia
10 Artis Hollywood
Madonna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar